Monday, December 4, 2017

Tahukah Anda Apa itu Cost Per Action (CPA) Marketing?

ad300
Advertisement

Refisi 2 Juni 2019

Di dunia ini khususnya di dunia iklan online selalu ada pertanyaan dan Jawaban. Artikel ini berusaha memberi Jawaban terhadap pertanyaan Apa itu Cost Per Action (CPA) Marketing. Jawaban itu dimulai dengan sebuah penjelasan bersifat deskriptif dan diakhiri dengan 5 rumusan pengertian CPA. Salah satu dari kelima definisi CPA tersebut yakni: Cost Per Action (CPA) adalah sejumlah pendapatan yang diterima penerbit saat pengguna (pengunjung) mengklik iklan di situs websnya atau blog, kemudian pengunjung tersebut menyelesaikan tindakan tertentu. Jadi mau tau ke-lima pengertian tentang Cost Per Action tersebut. Silakan simak uraian berikut ini.




Dalam dunia bisnis, ada promosi produk berupa barang dan jasa yang dapat dilakukan melalui iklan. Ada iklan secara manual, melalui media masa, tetapi ada pula secara online. Dalam dunia online dikenal berbagai istilah iklan online yang salah satunya yakni CPA. Hal ini menegaskan bahwa dalam dunia bisnis online (baca: kerjasama yang saling menguntungkan di dunia online) terdapat banyak cara. Salah satu cara yaitu pemilik produk secara pribadi maupun secara bersama-sama dalam kerja sama dengan orang lain (pemilik website) menjual produk-produknya kepada pengunjung atau pembeli di seluruh dunia dengan cara mempromosikan melalui iklan.

Melalui iklan para pembeli mendapat informasi yang mereka cari. Bila informasi yang disampaikan dalam iklan adalah produk yang mereka cari, bila produk yang ditawarkan melalui iklan itu cocok maka pengunjung tersebut akan mengklik untuk mempelajari produk yang ditawarkan. Bila cocok maka akan diikuti dengan tindakan lanjutan yaitu berusaha membeli. Dalam ulasan ini ada dua tindakan yang patut diperhatikan, yaitu “Klik Iklan” dan “membeli produk” yang dilakukan oleh pengunjung.
Unsur lainnya yang perlu kita ketahui yaitu pemilik produk yang menawarkan produknya melalui website. Melalui website, pemilik produk menawarkan produk-produk kepada pengunjung website. Pemilik website menyediakan jasa kerjasama dengan orang lain yang bersedia menawarkan atau mempromosikan produk-produk melalui iklan yang akan dimunculkan dalam website atau blog orang yang mendaftar menjadi “publisher” (penerbit iklan online). Website yang dirancang untuk menjual produk biasanya menyediakan dua program, yaitu program Advertiser (pengiklan atau orang yang memasang iklan melalui website yang menawarkan jasa untuk mempromosikan produk), program yang kedua yaitu “Publisher”.



Publisher adalah orang atau pemilik website atau blog yang mendaftar pada situs-situs penyedia program publisher untuk menerbitkan iklan di website atau blog yang didaftarkan atau memberi ruang iklan dalam website atau blog agar iklan dapat dimunculkan dalam laman atau bilah blog. Dalam hal menjadi publisher itulah ada pilihan jasa yang menghasilkan uang melalui iklan yang dimunculkan dalam website atau blog. Ada yang disebut CPC, CPA, dll.

CPC atau Cost Per Click adalah program dimana pemilik blog akan mendapat uang bila iklan yang dipasang di website atau blog diklik oleh pengunjung, sedangkan CPA atau Cost Per Action adalah iklan yang diklik pengunjung diikuti dengan tindakan membeli produk yang ditawarkan dalam iklan tersebut. Bila dalam CPC, pemilik website atau blog akan dibayar bila pengunjung mengklik iklan tanpa harus membeli. Sementara di CPA, klik yang diikuti dengan tindakan kedua yaitu membeli produk yang ditawarkan dalam iklan yang diklik. Berdasarkan uraian di atas jelaslah bahwa untuk mengikuti CPA maka seorang harus mendaftar di website yang menyediakan program Cost Per Action. Cara mendaftarnya juga tidak terlalu ribet. Namun cara mendaftar CPA akan diuraikan dalam postingan berikutnya. Fokus yang hendak dicapai disini yakni “pengertian Cost Per Action. Jadi, dari uraian di atas kita dapat merumuskan apa itu Cost Per Action.

Pertama, Cost Per Action adalah memperoleh komisi (uang) karena tindakan promosi yang berhasil mempengaruhi pengunjung membeli produk atau terjadi penjualan. Produk tersebut bisa berupa barang dan jasa yang ditawarkan secara online. Jumlah komisi yang diterima dari sistem CPA tentu bergantung pada prosentasi yang ditawarkan. Dengan kata lain, model pembayaran atau komisi yang diterima publisher/penerbit iklan online hanya didasarkan pada tindakan kualifikasi seperti tindakan promosi produk yang melaluinya terjadinya penjualan (pengunjung membeli produk atau jasa) atau pendaftaran (pengunjung mendaftar pada website yang menyediakan program publisher). Bagian terakhir ini dapat dilihat pada CPA Accesstrade (Accesstrade Indonesia)

Kedua, Cost Per Action (CPA) adalah model pembayaran iklan online yang komisinya dibayar kepada pemilik website atau blog hanya didasarkan pada tindakan kualifikasi seperti penjulan atau terjadinya pendaftaran karena promosi melalui iklan online yang tampil atau muncul di laman blog atau bilah blog.

Ketiga, Cost Per Action (CPA) adalah perencanaan atau strategi dalam dunia pemasaran periklanan online yang olehnya memberi peluang terjadinya pendapatan komisi karena pengiklan membayar tindakan tertentu dari calon pelanggan (pengunjung yang membeli produk) yang ditawarkan melalui promosi iklan secara online yang muncul di website atau blog

Keempat, Cost Per Action (CPA) adalah tindakan promosi yang berpengaruh pada penjualan produk dan dibeli pengunjung. Ada penjualan (promosi melalui iklan di website atau blog) yang diresponi pengunjung dengan tindakan membeli. Dengan demikian terjadi Cost atau biaya untuk pemilik blog. Inilah sistem Cost Per Action. Dalam definisi ini CPA berarti penjualan. Bila aksinya hanya sebuah klik pada iklan yang muncul di website atau blog maka metode penjualannya disebut CPC (Cost Per Click).

Kelima, Cost Per Action (CPA) adalah sejumlah pendapatan yang diterima penerbit saat pengguna (pengunjung) mengklik iklan di situs websnya atau blog, kemudian pengunjung tersebut menyelesaikan tindakan tertentu. Tindakan tertentu itu dapat berupa membeli produk atau mendaftar jadi anggota dari suatu situs yang menyediakan program publisher. Tindakan membeli produk dapat berupa tindakan mengisi formulir atau melakukan suatu survey, atau mengajak pengunjung mendaftar menjadi publisher Accesstrade di http://www.accesstrade.co.id/ maka setelah selesai pengunjung menyelesaikan tindakan tersebut, sang pemilik blog mendapat sebuah komisi. Disini pengiklan membayar kepada penerbit (pemilik situs website atau blog) dengan sejumlah uang berdasarkan Cost Per Action.


Gambar tentang Publisher (lihat gambar paling akhir/terlet dibawah) diambil dari Pixabay kemudian dimodifikasi untuk kepentingan memperjelas penjesan tentang CPA. Bila tindakan ini menyalahi maka gambar pixabay (bagian bawah) akan di hapus.Gambar Pixabay: https://pixabay.com/en/group-community-team-human-488980/





Berdasarkan gambar tersebut di atas jelas apa itu Advertiser dan Publisher. Bila pemilik website atau blog hendak mempromosikan website atau blognya maka ia harus mendaftar di situs website yang menyediakan program Advertizer (pengiklan), kemudian iklan akan dipromosikan oleh situs website melalui kerjasama dengan pemilik website atau blog yang bersedia menerbitkan iklan di blognya. Piha ini disebut Publisher (Penerbit Iklan secara online). Lihat gambar bagian kanan. Semoga gambar di atas memperjelas pembahasan tentang Cost Per Action

Pengguna Blog seperti blogspot dan wordpress dapat menjadi publisher atau penerbit iklan di blognya. Pemilik blog dapat mendaftar menjadi Advertiser atau Publisher di situs website penyedia program ini. Mereka yang hendak mengikuti CPA, cukup mencari situs penyedia program CPA dan mendaftar menjadi publisher (tentu gratis) dan menerbitkan iklan CPA di blog. Bila ada pengunjung yang mengklik dan membeli produk maka pemilik blog dapat reward yang dikenal dalam Sistem Cost Per Action. Ada pula CPA yang hanya mendaftar dapat Komisi. Silakan Kunjungi http://www.rekomendasirumah.com/registrasi/ dengan tema Rekomendasi Rumah. Itulah sistem bisnis online dalam Cost Per Action.

Semoga bermanfaat.
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

1 comment: